PERAN MAHASISWA DAN SARJANA OLAHRAGA BAGI LANSIA/CALON JAMAAH HAJI INDONESIA

PERAN MAHASISWA DAN SARJANA OLAHRAGA BAGI CALON JAMAAH HAJI INDONESIA


Perintah melaksanakan Haji merupakan rukun islam yang ke-5 dan dianjurkan bagi setiap muslim yang memiliki kemampuan untuk melaksanakanya, baik secara materil maupun non materil, yaitu jasmani dan rohaninya.

selain itu untuk dapat melaksanakan Rukun Islam yang ke lima ini dengan baik dan aman, maka setiap calon jamaah haji yang akan berangkat juga harus dalam keadaan yang sehat dan bugar serta memiliki pemahan tentang bagaimana meningkatkan/menjaga kondisi kebugaranya, sehingga dapat melaksanakan ibadah tersebut dengan nyaman dan aman.

Unit Kegiatan mahasiswa fakultas (UKMF Keluarga mahasiswa muslim Al-Hidayah Fakultas ilmu keolahragaan FIK UNY) Ini mengadakan kegiatan seminar olahraga dan kesehatan bagi lansia dan calon jamaah haji/umroh serta praktisi kesehatan yang bekerjasama dengan IDI (Ikatan Dokter Indonesia), AKHI (Asosiasi Kesehatan Haji Indonesia) pada tanggal 7 juni 2014 kemarin di Gedung Pusat layanan akademik (GPLA) FIK UNY kemarin dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan memberikan wawasan tentang persiapan yang perlu di lakukan terkait kondisi jamaah haji lansia dan kiat-kiat meningkatkan kebugaran jasmani agar dapat mengantisipasi penyakit umum yang sering terjadi pada jamaah haji di 2014 ini.

Beberapa waktu belakangan ini juga muncul isu virus MERS Coronal yang katanya berasal dari hewan unta. Namun hal tersebut juga menjadi perdebatan karna virus ini bukan berasal dari hewan tersebut, maka dari itu dalam kegiatan seminar olahraga ini juga diberikan pandangan terkait virus yang katanya cukup berbahaya tersebut.

Peserta dalam kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan bupati Bantul dan terdiri dari beberapa calon jamaah haji, delegasi mahasiswa, perwakilan universitas dan beberapa instansi kesehatan, sehingga target kegiatan ini tertuju dengan baik dan tepat sasaran. Selain itu juga ada pelantikan yang dilakukan oleh AKHI untuk persiapan pengiriman tenaga kesehatan yang akan diberangkatkan tugas ke arab Saudi untuk membantu para jamaah haji tahun ini.

Dekan fakultas olahraga FIK, Drs. Rumpis Agus Sudarko, MS., menuturkan peran mahasiswa dan sarjana olahraga yang diharapkan selain memajukan bidang olahraga dan terjun dalam pendidikan, sarjana olahraga diharap memiliki kemampuan untuk membantu dan memfasilitasi ilmu ataupun pemahaman bagi calon jamaah haji/umroh yang akan berangkat ibadah haji. Karena mahasiswa merupakan civitas akademika yang dibekali pengetahuan lebih tentang ilmu olahraga dan berkaitan dengan kesehatan masyarakat, walaupun outputnya nanti tidak tertuju pada kesehatan dan instansi yang mengurusi haji.-Imbuhnya dalam menyampaikan pembukaan dan menyampaikan materi.

dr.Probosuseno, SpPD., K-Ger., pakar  Geriarti/Ilmu Kesehatan Lansia RS Sardjito yang juga salah satu dari 6 pemateri ini menerangkan Diabetes militus, osteoforosis,Pikun,stroke, MERS Coronavirus yang baru-baru ini muncul ternyata bukanlah virus yang berbahaya dan bukanlah penghalang bagi para keberangkatan Haji, dikarenakan penyakit tersebut bisa diatasi keberadaanya apabila jamaah haji yang mengidapnya mengetahui tips penangananya.

lalu ada juga pemberian materi tentang test kebugaran yang aman bagi lansia oleh dr. M. Ikhwan Zein, SpKO., selaku dosen FIK UNY, penyakit sederhana yang dapat diatasi dengan olahraga/senam/pijat ringan oleh Dr. dr. B.M. Wara Kushartanti, M.S pakar kesehatan dan dosen FIK UNY serta narasumber lainya yaitu Mirza Hapsari P. STP, S.Gz, RD, MPH dari FK UGM yang juga memberikan beberapa materi terkait Gizi yang pas bagi lansia dan jamaah haji.
PERAN MAHASISWA DAN SARJANA OLAHRAGA BAGI LANSIA/CALON JAMAAH HAJI INDONESIA PERAN MAHASISWA DAN SARJANA OLAHRAGA BAGI LANSIA/CALON JAMAAH HAJI INDONESIA Reviewed by Unknown on 10:58 Rating: 5

Geen opmerkings nie:

Aangedryf deur Blogger.